Wednesday 1 January 2014

Goal menjajaki rencana transfer yang berpotensi diwujudkan Barcelona, Real Madrid dan Atletico di bulan Januari, ditambah beberapa tim Spanyol lainnya.


ANALISIS: La Liga Spanyol Sepi Pergerakan Di Bursa Januari?


Akhirnya masa rehat kompetisi tiba. Kemenangan Real Madrid dan Barcelona menutup pentas La Liga Spanyol sepanjang 2013, raksasa Catalan jadi penguasa sementara ditempel ketat Atletico Madrid.

Perhatian sekarang beralih ke bursa transfer musim dingin, sebuah kesempatan emas bagi klub yang kurang puas dengan performa mereka untuk menambah kekuatan sekaligus membuka harapan menjadi raja di akhir kompetisi.

Goal menjajaki rencana transfer yang berpotensi diwujudkan Barcelona, Real Madrid dan Atletico di bulan Januari, ditambah beberapa tim Spanyol lainnya.


BARCELONA


Suntikan moral untuk Barcelona akan mengiringi langkah mereka di awal 2014. Andres Iniesta telah menyerahkan komitmennya dengan meneken perpanjangan kontrak, situasi melegakan ini disempurnakan potensi pulihnya sang superstar Lionel Messi.

Meski demikian manajemen Azulgrana bukan tanpa pekerjaan rumah. Bek Marc Bartra belum juga meneken kontrak baru meski sudah beredar kabar hal ini tinggal menunggu waktu. Masa depan Martin Montoya juga belum jelas sejalan rumor ketertarikan Liverpool pada sang youngster. Siapa pula yang mau kehilangan dua pemain masa depan? Tidak juga Barca. Mereka masih melakukan negosiasi menuju kesepakatan. 

Sementara itu pelatih Gerardo Martino masih mencurahkan fokus memburu penyerang anyar. Robert Lewandowski dan Sergio Aguero masuk dalam pertimbangan tetapi tidak ada satupun dari mereka yang bersedia jadi penghangat bench karena klub Catalan sedang mencari pemain yang bisa memberikan dampak seperti halnya Henrik Larsson di bawah komando Frank Rijkaard dahulu.

Idola Benfica Oscar Cardozo dan bomber Lazio Miroslav Klose dipantau ketat, namun menanjaknya performa Cesc Fabregas, Pedro dan Neymar di depan gawang lawan plus segera kembalinya Messi akan membuat manajemen menunda keputusan mendatangkan penyerang anyar hingga musim panas mendatang.

Akan tetapi direktur Andoni Zubizarreta tidak bisa bersantai, calon penggati kiper Victor Valdes sudah harus disiapkan. Negosiasi dengan kiper Borsusia Moncengladbach Marc-Andre Stegen dan benteng terakhir Napoli Pepe Reina sudah berada di tahap akhir. Kedua kiper top tersebut tentunya tidak akan membuang kesempatan jatuh ke pelukan Barcelona. Keputusan akhir kemungkinan diumumkan bulan depan.

Terkait penjualan, Barca tampaknya akan mempertimbangkan proposal pembelian gelandang Alex Song, tetapi kemungkinan kepergian eks pemain Arsenal ini bakal lebih terbuka di musim panas kecuali manajemen Azulgrana kedatangan tawaran menggiurkan.


REAL MADRID (


Seperti halnya Barcelona, tipis kemungkinan Real Madrid melakukan pembelian di bulan Januari, tetapi pelatih Carlo Ancelotti pasti berharap gelandang Xabi Alonso bersedia memperpanjang kontraknya yang bakal berakhir musim panas tahun depan.

Alonso telah berbicara dengan manajemen Madrid terkait kemungkinan penambahan masa bakti, namun kepercayaan diri klub soal ini masih rendah mengingat sang bintang masih belum 100 persen karena muncul kemungkinan Xabi menjajaki opsi lain termasuk kembali ke Liverpool. Satu-satunya hal yang menguntungkan Madrid adalah kelahiran baru anak Xabi hingga mereka bisa berharap pemain berusia 32 tersebut bertahan mengambil keputusan bertahan di ibu kota Spanyol demi stabilitas keluarga.

Sebagai antisipasi, Ancelotti ikut memperhatikan perkembangan gelandang Borussia Dortmund Ilkay Gundogan.

El Real juga diketahui sedang mencari opsi di lini depan, meski demikian kedatangan bomber anyar belum bisa dinantikan dalam waktu dekat apalagi target utama mereka Luis Suarez baru meneken kontrak baru bersama Liverpool di Anfield.

Di sisi lain winger Angel di Maria terus dikaitkan dengan AS Monaco di bursa Januari, tetapi penjualan rasanya tidak akan direstui Ancelotti hingga tipis kemungkinan kepindahan bintang Argentina terwujud dalam waktu dekat ini. Kejutan penjualan Di Maria hanya bisa terjadi andai El Real mengambil keputusan drastis untuk mendatangkan striker top di Januari hingga membutuhkan suntikan dana segar. Skema sama terbuka di bursa transfer musim panas 2014.


ATLETICO MADRID


Kondisi finansial Atletico Madrid masih negatif dan klub sekarang beroperasi dengan dana minimal. Situasi seperti ini tidak memberikan keleluasaan bagi pelatih Diego Simeone untuk melakukan pembelian di bulan Januari - meskipun fakta lain memperlihatkan mereka tengah membuka jalan menuju tangga juara La Liga untuk kali pertama sejak 1995/96.

Kabar lain juga beredar manajemen klub telah meminta pelatih Argentina untuk mempertahankan skuat, hal dirasa perlu dilakukan agar klub tetap solid sekaligus memupuk kans juara.

Setelah 17 pekan berlalu, Atleti hanya tertinggal selisih gol dari Barcelona di puncak klasemen. Satu-satunya godaan yang bisa merusak stabilitas di Vicente Calderon hanyalah faktor finansial. Diego Costa digoda Arsenal, Koke dilirik Manchester United dan Raul Garcia masuk daftar incaran FC Internazionale.

Situasi Costa lebih spesial, penjualan pemain tim nasional Spanyol ini berpotensi mempertebal kocek klub di bursa transfer musim dingin, tetapi Simeone pasti menyadari menjual mesin gol sama dengan menghilangkan kans juara.

Tidak seperti Radamel Falcao yang kepindahannya bisa diprediksi jauh hari sebelum berkostum AS Monaco, Atleti sekarang lebih percaya diri bisa menahan Costa dalam waktu yang sangat lama. Manajemen klub telah mengalihkan fokus memburu keuntungan di luar lapangan demi menghindarkan diri dari keharusan menjual pemain kunci.



TIM LAINNYA


Tidak banyak aktivitas tranfer yang bisa diharapan terjadi pada klub-klub La Liga lainnya. Tren mengikatkan ikat pinggang (kecuali Barcelona dan Real Madrid) yang sudah terlihat sejak musim panas lalu berpotensi berlanjut hingga Januari.

Demi mengamankan salah satu aset berharga dari incaran klub Liga Primer Inggris, Athletic Bilbao baru-baru ini menambah kontrak Ibai Gomez. Tim Basque juga bakal habis-habisan mempertahankan gelandang Ander Herrera dari pinangan Manchester United.

Sementara itu Betis resmi berpisah dengan direktur olahraga Vlada Tosic, dan hingga sekarang belum jelas bagaimana tim Andalusia yang tengah terpuruk itu bakal berkiprah di bursa transfer.

Kabar lain dari Andalucia, Malaga berpotensi kehilangan kiper Carlos Kameni yang selama ini jadi deputi Willy Caballero. Kameni ingin menambah menit bermain demi meraih satu tempat di skuat utama Kamerun di Piala Dunia 2014.

Real Sociedad tidak akan melakukan perubahan, mereka juga telah memperpanjang kontrak bek kanan menjanjikan Joseba Zaldua hingga musim panas 2016.

Terakhir Valencia, mereka masih menunggu investasi yang akan dilakukan pebisnis Peter Lim yang dilaporkan segera menendang utang klub sekaligus memulai projek baru. Akan tetapi dengan perubahan di level staf baru-baru ini, rasanya pergantian besar-besaran di sektor pemain belum akan terjadi dalam waktu dekat.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment